Situs Mengulas Teknologi, Kecantikan, Elektronik, Hiburan, Olahraga, Wisata, Kuliner, Fashion, Kesehatan, Otomotif, Lifestyle dan Lain - Lain Lengkap

Ketahui Penyebabnya dan Cara Mengobati Mata Ikan

Pernahkah Anda mendengar tentang mata ikan? Mata ikan adalah penebalan kulit yang terjadi akibat gesekan dan tekanan pada permukaan kulit. Ciri utama munculnya mata ikan adalah penebalan kulit yang ekstrem, sehingga Anda bisa langsung merasakannya. Mata ikan bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, namun bagian yang paling sering ditutupi oleh grommet ini adalah jari tangan dan kaki, telapak kaki, dan juga telapak tangan.


Penyebab Munculnya Mata Ikan
Pada kenyataannya, mata ikan adalah bentuk perlindungan yang diberikan tubuh secara alami untuk melindungi kulit dari tekanan dan gesekan. Jadi apa penyebab tekanan dan gesekan? Beberapa poinnya sebagai berikut di bawah ini:

  • Sering menggunakan tangan untuk aktivitas yang menekan
Jika Anda sering menggunakan tangan untuk aktivitas yang menekan, maka Anda harus mengenakan sarung tangan. Jika tidak, tangan akan sering bergesekan dan dapat menyebabkan mata ikan. Salah satu aktivitas yang memberikan banyak tekanan pada tangan Anda adalah mengangkat benda berat atau memukul alat dengan tangan Anda.

  • Memakai sepatu yang terlalu sempit dan tidak nyaman saat dipakai
Penting untuk memilih sepatu yang pas dan nyaman dipakai. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan sepatu yang terlalu sempit, kulit akan bergesekan dengan sepatu.

Cara Menyembuhkan Mata Ikan
Anda bisa mencoba menyembuhkan mata ikan secara mandiri di rumah. Jangan terlalu menekan kulit yang terkena mata ikan. Jika pengobatan sendiri tidak hilang, Anda harus menemui dokter. Jadi kapan Anda harus pergi ke dokter? Anda harus menemui dokter jika infeksi kulit memburuk. Beberapa tanda infeksi kulit adalah sensasi terbakar, bengkak, dan juga nanah.

Pengetahuan tentang mata ikan di atas tentu sangat penting, agar Anda bisa melakukan pertolongan pertama sendiri jika hal ini terjadi. Mata ikan bukanlah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, jadi Anda harus terus berusaha menyembuhkan diri sendiri jika terinfeksi.

Share: